Sejarah valentine

Kaisar Claudius II yang berkuasa pada saat itu, Roma terlibat dalam banyak kampanye berdarah dan tidak populer. Kaisar Claudius yang kejam kesulitan untuk merekrut prajurit untuk bergabung dengan tentaranya. Dia percaya bahwa alasan utama mengapa mereka tidak mau masuk dalam tentaranya adalah karena para laki-laki itu tidak mau meninggalkan rumah mereka, keluarga & cinta mereka. Kaisar Claudius lalu memutuskan untuk membatalkan semua pernikahan dan pertunangan si seluruh Roma.Pendeta Valentine, hidup pada masa Kaisar Claudius II berkuasa.
Dia dan St Marius adalah pasangan menikah (rahasia). Karena ini St Valentine dihukum mati, penggal pada tanggal 14 Pebruari tahun 270. Ada juga yang bilang, St Valentine dihukum mati karena tidak mau meninggalkan agamanya, kristen.

kata “Valentine” berasal dari bahasa Latin yang berarti : “Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuat dan Yang Maha Kuasa”. Kata ini ditujukan kepada Nimrod dan Lupercus, tuhan orang Romawi. Maka disadari atau tidak, -tulis Ken Sweiger- jika kita meminta orang menjadi “to be my Valentine”, hal itu berarti melakukan perbuatan yang dimurkai Tuhan (karena memintanya menjadi “Sang Maha Kuasa”) dan menghidupkan budaya pemujaan kepada berhala. Dalam Islam hal ini disebut Syirik, yang artinya menyekutukan Allah SWT. Adapun
Cupid (berarti: the desire), si bayi bersayap dengan panah adalah putra Nimrod “the hunter” dewa Matahari. Disebut tuhan Cinta karena ia rupawan sehingga di buru wanita bahkan ia pun berzina dengan ibunya sendiri! Itulah sejarah Valentine’s Day yang sebenarnya, yang seluruhnya tidak lain bersumber dari paganisme orang musyrik, penyembahan berhala dan penghormatan pada pastor. Bahkan tak ada kaitannya dengan “kasih sayang”.

Pandangan islam

Mengenai kenapa Ibn al-Qayyim sampai menyatakan bahwa mengucapkan selamat kepada orang-orang Kafir berkenaan dengan perayaan hari-hari besar keagamaan mereka HARAM dan posisinya demikian, karena hal itu mengandung persetujuan terhadap syi’ar-syi’ar kekufuran yang mereka lakukan dan meridhai hal itu dilakukan mereka sekalipun dirinya sendiri tidak rela terhadap kekufuran itu, akan tetapi adalah HARAM bagi seorang Muslim meridhai syi’ar-syi’ar kekufuran atau mengucapkan selamat kepada orang lain berkenaan dengannya karena Allah Ta’ala tidak meridlai hal itu, sebagaimana dalam firman-Nya.

kita sebagai orang muslim kita lebih keagama kita saja tapi kalau sekedar menghormati boleh-bloeh saja asal jangan ikut merayakan atau bahkan terlibat didalamnya.sudah dijelaskan dalam firman Allah dalam surat Al-Kafirun 1-6 yang artinya:

Katakanlah: “Hai orang-orang kafir. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang Aku sembah. Dan Aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang Aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.” (QS. Al-Kafirun: 1-6)

Mengingat bahwa masalah ini bukan semata-mata budaya, melainkan terkait dengan masalah aqidah, di mana umat Islam diharamkan merayakan ritual agama dan hari besar agama lain.

Yang terjadi saat ini

Perayaan Valentine’s Day di masa sekarang ini mengalami pergeseran sikap dan semangat. Kalau di masa Romawi, sangat terkait erat dengan dunia para dewa dan mitologi sesat, kemudian di masa Kristen dijadikan bagian dari simbol perayaan hari agama, maka di masa sekarang ini identik dengan pergaulan bebas muda-mudi. Mulai dari yang paling sederhana seperti pesta, kencan, bertukar hadiah hingga penghalalan praktek zina secara legal. Semua dengan mengatasna makan semangat cinta kasih.

Dalam semangat hari Valentine itu, ada semacam kepercayaan bahwa melakukan maksiat dan larangan-larangan agama seperti berpacaran, bergandeng tangan, berpelukan, berciuman, petting bahkan hubungan seksual di luar nikah di kalangan sesama remaja itu menjadi boleh. Alasannya, semua itu adalah ungkapan rasa kasih sayang, bukan nafsu libido biasa.

Bahkan tidak sedikit para orang tua yang merelakan dan memaklumi putera-puteri mereka saling melampiaskan nafsu biologis dengan teman lawan jenis mereka, hanya semata-mata karena beranggapan bahwa hari Valentine itu adalah hari khusus untuk mengungkapkan kasih sayang.

Padahal kasih sayang yang dimaksud adalah zina yang diharamkan. Orang barat memang tidak bisa membedakan antara cinta dan zina. Ungkapan make love yang artinya bercinta, seharusnya sedekar cinta yang terkait dengan perasan dan hati, tetapi setiap kita tahu bahwa makna make love atau bercinta adalah melakukan hubungan kelamin alias zina. Istilah dalam bahasa Indonesia pun mengalami distorsi parah.
Ritual Setanisme Hari Valentine sendiri sesungguhnya berasal dari perayaan Lupercalia bangsa pagan Roma kuno yang diselenggarakan setiap tanggal 13 hingga 18 Februari. Pada malam menjelang tanggal 14 Februari, para pemuda dan pemudi Roma akan merayakan hari itu dengan pesta perzinahan. Inilah awal dari Hari Valentine yang sama sekali tidak ada sangkut-pautnya dengan Kasih Sayang (Affection) melainkan lebih kepada Sexuality (perzinahan)yang penuh maksiat.

Mahasiswa bicara:

  1. Nama : Tony srenditya.E

Fs : tse_renditya@yahoo.com

Motto : Nyabu no….Nyabun yes….

Ahli : dalam desain grafis

Pendapat tentang valentine :

Menurut saya valentine itu berasal dari orang eropa…valentine sering disebut dengan hari kasih sayang…umumnya valentine diperingati dengan member sesuatu/giff (hadiah) diberikan kepada orang yang kita sayangi,baik pacar,sahabat,temen,suami istri dll…dikalangan remaja biasanya mereka berbagi dengan memberikan coklat sebagai tanda kasih sayang,, ehm tapi itu setau saya kalo kata saya setiap hari adalah hari kasih sayang…. ++^^^

  1. Nama : Maulana ashari

Fs : khosou_MA@yahoo.com

Motto : maju terus pantang mundur

Ahli : dalam otak-atik linux

Pendapat tentang valentine :

Menurut saya valentine adalah berbagi kebahagiaan dan kasih sayang pada orang yang disukai….kalo aku sih asyik-asyik aja… ####


  1. Nama : Bonaventura

blog : venturabona.blogspot.com

Motto : hidup adalah perjuangan

Ahli : intalasi linuk,windows

Pendapat tentang valentine :

Valentine adalah hari kasih sayang….!!!! Biasanya hari valentine dengan member hadiah pada orang yang disayangi….!!!!@@@@


  1. Nama : Fandhi Gilang Wijanarko

Fs : resenggan_cidore@yahoo.co.id

Motto : Tetap semangat dan terus belajar

ahli : maniak game,gambar,animasi

Pendapat tentang valentine :

Menurut saya …valentine budaya dari barat,yang saya tau valentine itu nama seorang pastur ;dizaman dahulu valentine itu identik dengan seles,,,namun seiring bergantinya zaman konotasinya sudah mulai berubah sebagai kasih sayang namun kebiasaan dulu itu masih ada,,

Missal diasia,jepang…..saya sebagai orang muslim tidak mengikuti tradisi itu,karna lebih banyak kearah negative,,,,@@@menurut saya setiap hari adalah kasih sayang…#####


  1. Nama : Budi rimbawan

Fs : rimba_bengkle@yahoo.co.id

Motto : POkoke mak NyuSS!!!!!!!!!!!!!

ahli : hardware,friendster

Pendapat tentang valentine :

Valentine just valentine ..setiap hari adalah kasih sayang jadi jangan mengagungkan valentine sebagai hari kasih sayang,atau kita akan terjebak dunia barat.yang penuh dengan paham atau budaya yang tidak sesuai dengan norma kita,,,,@@@@maka dengan kita bertaqwa padaNYA maka kita akan mengerti kasih saying yang hakiki …. >>….


  1. Nama : Candra “CR7” Irawan

Fs : -

Motto : pengalaman adalah pembelajaran yang paling berharga….!!!!@@@

ahli : linuk ma hardware

Pendapat tentang valentine :

Bagiku….ehm..!!!!!!!!!!! Valentine apaan ceh ?????? kalo kata orang-orang ceh hari kasih sayang….Apakah hari kasih sayang hanya ada pada tanggal 14 februari saja????????

Gak kan…!!!kasih sayang harus ada dalam dirikita kapan dimana pun dan untuk siapapun…

So valentine is day…////????


  1. Nama : Hilmirusdha,itsna

Fs : hilmi.rusdha@gmail.com

Motto : barang ketok mosok rak iso…………??????????

ahli : kreasi,hardware,intalasi windows

Pendapat tentang valentine :

Pesta kasih sayang bagi yang merayakannya…../////

Valentine gimana ya ???? ogah ah….sory aku gak suka gituan ///@@@@@@

Hukum valentine ???

    1. Haram iya

    2. Iya haram

    3. Lebih parah dari makruh

    4. Semua jawaban benar


  1. Nama : Muhammad sahal

Fs : sya_sahal@yahoo.com

Motto : lihat,,,nilai diri sendiri…./////

ahli : friendster,hardware

Pendapat tentang valentine :

H_A_R_A_M >>>>>!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!@@@@@@@@@@@


  1. Nama : Aryaheru

blog : jfc10389.blogspot.com facebook(arya.heru@gmail.com)

Motto : (make be happy people all) n BBB(berdoa,berusahalah,bekerja)

Ahli : software,aplikasi

Pendapat tentang valentine : Valentin,,,Wah kalo dah bicara soal gituan pasti dah terniang dibenak kalian2 tentang cinta2an, jgn salah dlu bknya gtu2an tp dimna dlm 1hr tsb smua orng diberikan sesuatu yg sngat berarti dlm hidupnya. Hadiah itu dpt diberikan dlm bentuk maupun rupa….tp skrg Valentin sangat identik dgn memberikan coklat,,wah coklat nyam2. Ingat ga Valentin taon 2000 di eropa tepatnya dparis Perancis, dimana waktu itu tpt 14 Februari smua org dsna berlomba kiss me (ya lomba ciuman sm kekasihnya) paling lma. Dan tau ga bnyk skali yg ikut kontes tsb. Kalo menurut Gw Valentin itu sah2 aja asal jgn dikait-kaitkan ma agma. Coz dr dlu hingga srkg bnyk yg telah ngerasain apa Itu Valentin, baik itu dari dimana kata Valentin itu sndri diambil dan diabadikan dgn sebuah hr yg sangat2 berkesan. Ok sekian.





0 komentar: